Minggu, 09 Oktober 2016

 SELAMAT DATANG DI TEGAL LAKA - LAKA ^_^

Kampung halamanku , penuh warna. Tempat inilah yang membuatku rindu saat sedang berada di tempat lain, rindu akan semuanya. Termasuk juga rindu akan kulinernya. Teringat saat dahulu sering wisata kuliner bersama teman - temanku. Dan aku akan memperkenalkan makanan dan minuman khas Tegal kepada Anda semua :) 
Yaa.. berikut beberapa makanan dan minuman khas Tegal , check it out  , monggo :)


TAHU TEGAL ( TAHU ACI )

Tegal punya ! tahu yang berbentuk segitiga dan dilapisi aci ini  sangat lezat. Dan dapat pula dilengkapi dengan cabai rawit. Apalagi jika dipadukan dengan teh , mantap sekali ! Sangat cocok disajikan dalam suasana apa saja, saat bertamu, kongkow atau pun sekadar kumpul dengan keluarga. Anda semua belum di Tegal namanya saat kesini namun tidak mencoba Tahu Tegal . Di beberapa sudut jalanan pasti akan Anda temui tempat - tempat yang menjajakan Tahu Tegal . Harganya murah meriah , sesuai kantong semua elemen masyarakat, jadi Anda tidak perlu khawatir akan harga :)



TAHU PLETOK

Yap, tahu pletok hampir sama dengan tahu aci. Jika tahu aci yaitu tahu kotak yang dibagi 2 ( miring ), sedangkan tahu pletok yaitu dipotong melebar ( seperti tahu aci, namun dibagi dua lagi ). 




SOTO TEGAL

Yap, memang banyak di beberapa tempat juga mempunyai makanan khas seperti soto ini . Namun, sangat berbeda dengan disini, Soto Tegal menggunakan tauco, sehingga kuahnya berwarna kecoklatan. Dan isinya pun menggunakan daging.  Ada beberapa menu, seperti "Soto Babad", "Soto Ayam" , ataupun "Soto Campur". Ditemani dengan kerupuk dan segelas es teh akan lebih nikmat. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 10.000 Anda sudah kenyang menikmati satu paket lengkap. ^_^



OLOS

Olos adalah jajanan khas Tegal yang baru keluar dan ngetrend di awal tahun 2011 kemarin. Berbentuk bulat, seperti bakso namun terbuat dari aci dicampur dengan tepung terigu . Di dalamnya berupa irisan kol dan cabai . Dapat pula diisi dengan sayuran lain. Jika Anda suka pedas, tentulah makanan ini sangat cocok sekali untuk dicoba. 





SATE TEGAL

Merupakan jenis sate di daerah Tegal, Slawi dan sekitarnya yang terbuat dari daging kambing yang dipotong dadu dan dikombinasikan dengan lemak ( gajih ) dan hati. Sate tegal bisa disantap dengan nasi putih yang pulen dengan gulai kambing yang nikmat. Dan tidak lupa dengan sambal kecapnya,  akan lebih enak lagi jika dipadukan dengan teh poci gula batu.




GEMBLONG KOCAR - KACIR

Gemblong terbuat dari adonan singkong yang ditumbuk, yang sebelumnya sudah di rebus/dikukus.
Apakah Anda tahu mengapa disebut "kocar-kacir" ? karena diatas gemblong diberi gula cair yang kental berwarna coklat kemudian dalam memberikannya dengan cara diputar putar diatas gemblong. Ini adalah makanan yang sangat langka, karena sekarang susah ditemui dan sudah ada sejak zaman dahulu kala  :p . Disajikan diatas daun dan dimakan dengan tusuk lidi . Sangat berselera dan Anda dapat terhanyut akan nostalgia, apalagi bagi warga Tegal sendiri. Adapula gemblong yang tidak kocar - kacir, namun ditaburi parutan kelapa diatasnya.


GEMBLONG BIASA :)


GEMBLONG KOCAR - KACIR :)


BLENDUNG

Yap, blendung adalah makanan favoritku saat kecil dulu. Terbuat dari jagung dan ditaburi dengan parutan kelapa, dengan sedikit garam dan gula pasir. kalau di pedagang keliling akan disajikan diatas daun, dan rasanya sungguh enak sekali ^_^




RUJAK TEPLAK + KRUPUK 

Rujak yang terdiri dari bermacam - macam sayuran seperti kangkung, kol, kecipir, dsb. yang membuat beda adalah sambalnya, yaitu dari adonan singkong rebus yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan sambal dari cabai. Rujak ini dijajakan oleh penjual keliling. Dan tidak lupa dengan krupuk goreng wedi nya 
( kerupuk yang ditaburi pasir), yang menambah selera :)






PETIS

Petis terbuat dari ampas tahu yang direbus dan diberi bumbu , terkadang diberi daging ayam dan tulang. ditaburi dengan aroma cabai , berwarna kuning. Kuningnya terbuat dari sereh . Sangat enak jika disajikan selagi masih panas. Terkadang di sajikan dengan kerupuk, seringnya dijual pada saat bulan puasa
 ( Ramadhan ). 

KUPAT GLABED

terbuat dari ketupat yang dipotong dadu, dan dibubuhi dengan tumisan minyak bumbu seperti sereh, laos , salam dan santan. Seringnya disajikan dengan sate. Sangat sedap dan aromanya kental, paling pas disajikan panas - panas :)




OPAK + RENGGINANG

Rengginang terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dijemur dan digoreng. Prosesnya lumayan rumit. Sedangkan opak terbuat dari beras ketan putih yang dijemur kemudian dipanggang. 


OPAK :)



RENGGINANG :)


KLEPON

Merupakan kue basah yang ditaburi dengan parutan kelapa. Berbentuk bulat , berwarna hijau dan didalamnya ada gula jawa yang dipanaskan(diencerkan) . Rasanya unik :)



ANTOR

Antor merupakan kerupuk yang jenisnya sangat bervariasi, ada yang goreng pasir, ada yang dengan bumbu biasa. Biasanya untuk camilan, paling enak saat sedang kongkow. :)



KACANG BOGARES

Merupakan menu cemilan khas dari Desa Bogares, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Desa ini yang dikenal sebagai penghasil kacang tanah. Tidak seperti hasil bumi yang sama dari daerah lain, kacang dari Desa Bogares memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Rasanya gurih, manis, baunya pun harum dan warnanya putih bercampur merah.


                Makanan Khas Tegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar